Mengajarkan anak untuk peduli lingkungan lewat menanam pohon

Cisanti.com, Bandung -Kepedulian terhadap lingkungan ditumbuhkan sedari awal. Anak sebagai genearasi masa depan harus mulai diajarkan mencintai lingkungan hidup.

Kita bisa memulai dengan mencari bibit pohon yang siap ditanam di kios-kios tanaman. Biasanya kios tanaman terdapat di sekitar kompleks perumahan. Ajaklah si kecil ikut serta memilihnya. Dari proses ini juga bisa diajarkan pengetahuan tentang jenis tanaman. Jika anda tidak tahu, jangan segan bertanya kepada penjualnya. Siapkan juga pupuk dan peralatan yang diperlukan untuk menanam pohon.

Sesampainya di rumah, cari lahan yang cukup untuk menanam pohon seperti pekarangan rumah. Jika tidak punya lahan, ajaklah si kecil berjalan sekeliling lingkungan perumahan yang bisa dimanfaatkan untuk menanam pohon. Jika lahan yang ada masuk lingkungan komplek, jangan lupa minta izin kepada pengelola atau RT/RW setempat.

Selanjutnya, gali tanah secukupnya. Biarkan si kecil untuk ikut serta menuangkan pupuk ke dalam lubang tanam. Ajari si kecil untuk memposisikan pohon ke dalam tanah sendiri. Dengan cara ini diharapkan menumbuhkan pengalaman menanam pohon sendiri. Setelah itu, tutup lubang tanam.

Ajak si kecil untuk menyiramnya setelah lubang tanam ditutup kembali. Mintalah anak untuk memberi nama pohon tersebut. Buatlah jadwal untuk menyiram, misalnya seminggu sekali pagi atau sore. Selamat mencoba.